banner

Gerhana Matahari cincin (gerhana matahari partial)

Kemarin, pada tanggal 26 januari 2009, telah terjadi kejadian alam yang menakjubkan. Menjelang senja, telah terjadi gerhana matahari cincin. Meskipun bukan gerhana matahari total, tetapi ini merupakan suatu kejadian yang cukup menarik perhatian masyarakat banyak karena merupakan suatu kejadian yang cukup langka terjadi. Gerhana matahari adalah suatu kondisi dimana posisi Bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.

Gerhana matahari cincin atau dalam bahasa ilmiahnya disebut gerhana matahari partial terjadi karena jarak bulan dari bumi yang lebih jauh dari biasanya.

Gerhana matahari yang terjadi kemarin ternyata tidak bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Hanya beberapa wilayah di Indonesia saja yang bisa menikmati keajaiban alam ini, salah satunya adalah di Lampung. Situasi ini tidak di sia-siakan oleh masyarakat yang ingin melihat langsung gerhana matahari ini, termasuk seorang dosen ITB Bandung yang memang secara sengaja datang ke Lampung untuk melihat langsung gerhana matahari cincin ini. Bertempat di Universitas Malahayati Lampung, salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang memang memiliki struktur geografis lebih tinggi, beliau melakukan pemotretan langsung untuk mendapatkan gambar yang jelas kondisi sesaat sebelum dan sesudah terjadinya gerhana.

Di Jakarta bahkan diadakan nonton bareng gerhana matahari ini yang diadakan di Planetarium Jakarta. Seperti kita ketahui bahwa dalam mengamati gerhana matahari harus menggunakan pelindung, dalam arti tidak diperbolehkan melihat secara langsung ke objek, dikarenakan intensitas cahaya yang berlebihan sebagai akibat dari proses gerhana ini dapat mengakibatkan kerusakan pada mata. Bahkan lensa kamera pun diberikan pelindung agar tidak rusak.


Gambar diambil oleh Dr. Dhani Herdiwijaya, Dosen Fakultas MIPA ITB

Keterangan:

1. Keadaan dimana matahari mulai tertutup oleh bayangan bulan

2. Matahari hampir setengah tertutup. Terlihat bahwa awan mulai menutupi matahari.

3. Matahari mendekati kondisi gerhana cincin sempurna

4. Gerhana matahari cincin. Meski tidak pada sudut sempurna.








0 comments: